Kondisi di Aekbargot Memprihatinkan.

Berikut berita Waspada online:
Saturday, 23 August 2008 06:03 WIB

Nasib anak-anak di Sosopan memprihatinkan
WASPADA ONLINE
SOSOPAN – Nasib anak-anak di Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas perlu perhatian, menyusul kondisi wilayah Kecamatan Sosopan yang terkenal rawan longsor, sehingga jalan SibuhuanAek Godang via Kecamatan Sosopan dari tahun ke tahun semakin parah.

Demikian penelusuran Waspada, Kamis (21/8) sepanjang jalan lintas via Kecamatan Sosopan bisa dikatakan lebih 50 persen dalam keadaan rusak, bahkan telah mengancam keselamatan setiap pengguna jalan yang melintasi jalanan kecil yang di sana-sini dihiasi lubang yang setiap saat siap menelan mangsa.

Jalan lintas via Sosopan sepanjang 86 kilometer kini telah sudah sulit dilalui, bahkan tidak sedikit titik rawan, bahkan badan jalan sudah terancam putus, seperti di Desa Aek Bargot, Kecamatan Sosopan.
Melihat kondisi jalan yang begitu parah, kini sudah jauh berkurang bus dan angkutan yang melintas.

Menyusul kondisi perekonomian masyarakat yang semakin anjlok di wilayah Kecamatan sosopan sebagai daerah yang kini terancam terisolir, telah mendorong anak-anak usia SD ikut bekerja mencari rupiah untuk tambahan biaya ke sekolah.

Seprti kata Ita Marito, 8, mengaku anak kelas tiga SD, ikut memikul pasir dari sungai ke rumah warga yang sedang membangun dengan upah Rp1.000 per kaleng dan itu dilakukan setelah pulang sekolah atau pada hari libur. Kadang-kadang bisa mengumpulkan uang Rp3.000 – Rp5.000 per hari, sebagai tambahan uang jajan sekolah.

Teks/credit foto:
Pelajar SD di Desa Aekbargot Kecamatan Sosopan memikul pasir dalam karung untuk mencari Rp1.000. Hal itu dilakukan akibat sulitnya kehidupan karena Sosopan terisolir akibat semakin parahnya kondisi jalan dari tahun ke tahun. Foto direkam, Kamis (21/8).(Waspada/Idham Butar-butar)

(ags/a32)

Tanggapan anda?

9 Tanggapan

  1. Pemerintah Daerah, itu kewajiban Anda!

  2. Kayak dianaktirikan aja. Yang adil dunk…

  3. Assalamu’alaikum,,,, trims buat team FPA jg bere M. Ayyub Nasosiation atas coment alias coretannya,,,,,
    alhamdulilah telah disyahkannya kab Padang Lawas walau warga angkola sipirok sdikit berkecil hati, saya yakin kab padanglawas akan lebih baik dari kab lain di dr hasil pemekaran lainnya, dasar hukum uu no.38 thn 2007 sudah oke, kl bs saran stlh pilkada harapan kita bupati padang lawas serta jajaranya nti bisa membaca buku dan mencontoh ttg system pemerintahan kab.Jembrana di Bali, dulunya gersang dan miskin tapi skarang silakan tanya org jembrana mulai dr yg kecil hingga yg tua pasti bilang senang tinggal di jembrana dan juga Gorontalo di Sulawesi, semoga bpk Bupati terpilih serta jajarannya bisa membaca coretan wargamu ini,,, amin. pertama data penduduk akurat dgn dgn ktp multifungsi artinya ktp tsb bs jg sbgai kartu keshtan gratis, pendidikan gratis, pln, telp, kartu pemilh pilkada/pemilu, dllnya dgn system komputerisasi online spti ATM yg banyak manfaatnya itu lho pak, trus bangun Infrastruktur Jalan & umum lainnya dgn proses tender yg benar biar jalan & sarana lain kita lebih mantap dari kab lain, olah PAD Padanglawas dgn benar, akuntbl dan transparan, saya yakin kab kita kaya. berikan sekolah/kuliah gratis bagi generasi berprestasi dgn suatu perjanjian tertulis/wajib kembali ke padanglawas kelak untuk ikut memajukan padanglawas, bina para camat dan kades dan warga dgn system pemerintahan yg lbh modern dan exclusif, majukan cara bertani dan berniaga/bisnis mayarakat padang lawas, absensi khadiran pns pemerintahan dgn sidik jari elektronik berikan sangsi yg melanggar dan berikan bonus diluar gaji bagi yg disiplin/berprestasi,,,,,,,,amiiiiiiiiiiiiiiin, dari Taris hasibuan (Indonesian Sea & Coast Guard corps / Sea Port State authority Jakarta)

  4. As, maksh ya buat kawn2 yg peduli ma Aek bargot…
    mari sma2 kita bangun Aek Bargot kita..
    >>>LaW bUkAn QiTa SiApA lg<<<<
    buat fpa tEtAP SemANgAt y…
    Aq bkal dukung kamu…mudah2 aj kita sama2 tetap istiqomah…amien…
    bre…
    mf giot marsapa..
    sbnrnya profil ni fpa Aek bargot on songon dia…visi misi na aha…tgs na aha…kepengurusanna songon dia…
    mf da bre harana au inda terlalu tahu masalah on…

  5. buat PEMDA tlong PERHATIKAN nasib warga/desa kami…dan tolong jangan cuman DipERhaTIkaN aja tapi cari solusi yang baik buat ngatasin masalah ini…kami juga warga negara indonesia yang layak mendapat perlindungan/perhatian dari negara.
    mudah2n bencana DPRD SUMUT g berualang di padang lawas…

  6. amien….:)

  7. amien

  8. Salam…
    Memang sudah semestinya Aek Bargot menjadi perhatian khusus pemerintah, baik dari segi pembangunan, kesejahteraan maupun pendidikan. Seharusnya tidak ada pembedaan antara satu daerah dengan yang lain. Hak semua rakyat harus dipenuhi secara merata, sesuai dengan amanah UUD 45.
    Mari mendukung pembangunan di Aek Bargot….

  9. Horassssssssss………….

    Kec. Sosopan khususnya desa Aek bargot kampung halamanku tercinta tempat masa kecilku, perlu perhatian khusus dari perintah padang lawas ttg penanggulangan siaga bencana karena daerah pegunungan dan rawan longsor. Kita harus belajar dari beberapa kejadian musibah gempa dan bencana di tanah air, siaga sekarang juga.

    Sukses buat FPA

Komentar Anda

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s